yu kenalan sama komputer


MAKALAH
 TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI (TIK)
KOMPUTER
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Dosen              : Andi Ainunnajib Fikri ST






Disusun Oleh :
Kelompok 3    :

*      Ajri Faujiah
*      Acep Ade Irawan
*      Euis Rahmawati
*      Jajang Jauharudin Abbas

2 A
2 A
2 A
2 A



PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM ( IAID ) CIAMIS
2010

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, atas rahmat dan karunia - Nya kami sebagai penulis bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik, meski tidak sempurna.
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjunan kita semua yakni Nabi yang paling akhir di utus oleh Alloh SWT untuk menjadi saksi pembawa gembira untuk hamba – hamba – Nya yang soleh dan kabar duka untuk umat yang durhaka, Rosul yang memanggil seluruh umat ke jalan Alloh SWT dan pelita yang menerangi seluruh alam semesta yakni habibana wanabiyyana Muhammad SAW.
Makalah ini kami susun untuk melengkapi salah satu tugas mata kuliah TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI (TIK).
Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada         :
1.      Dosen pembimbing mata kuliah TIK yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaannya kepada kami untuk membuat makalah ini.
2.      Rekan – rekan mahasiswa IAID semester 2 yang telah membantu kami menyusun makalah ini.
3.      Dan Kepada semua pihak yang ikut serta dalam menyelesaikan makalah ini.
Kritik membangun menyangkut isi makalah ini kami harapkan dan semoga Alloh SWT selalu melimpahkan taufiq dan hidayah – Nya untuk kita semua, amin Ya Robbal ‘alamin. Akhir kata mudah – mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kami sebagai penulis dan bagi siapa saja yang membacanya.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
Ciamis, 03 Maret 2011

     Penulis
DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..................................................................................................
2


Daftar Isi ...........................................................................................................
3


BAB I PENDAHULUAN .................................................................................
4


1.1. Latar Belakang ......................................................................................
4
1.2. Rumusan Masalah .................................................................................
5
1.3. Tujuan Penulisan ...................................................................................
5
1.4. Metode Penulisan ..................................................................................
5


BAB II PEMBAHASAN



2.1. Pengertian Komputer dan Fungsi Komputer .......................................
6
2.2. Sistem Komputer .................................................................................
9
2.3. Cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer .................
20
2.4. Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar ..........
21


BAB II PENUTUP ...........................................................................................
24


3.1. Kesimpulan ..........................................................................................
24


Daftar Pustaka ...................................................................................................
26





BAB I
PENDAHULUAN


1.1.Latar Belakang
Pada zaman dulu komputer merupakan benda langka dan jarang orang yang pandai mengoprasikan komputer, bahkan merupakan alat elektronik yang harganya mahal dan jarang orang memilikinya. Orang yang ingin belajar komputer harus pandai – pandai mencari tempat “les” agar mahir dalam mengoprasikan komputer, komputer sempat menjadi trand / gaya, maksudnya orang yang punya komputer pada zaman dulu itu termasuk orang yang gaya / mengikuti trand, dan pada instansi pendidikan atau sekolah pun jarang ada yang dipasilitasi komputer sehingga lulusan sekolah zaman dulu belum tentu bisa mengoprasikan komputer.
Tetapi pada zaman sekarang ini komputer merupakan suatu kebutuhan dalam berkomunikasi, orang yang menggunakan komputer saat ini sudah marak, bahkan telah dibuka berbagai warnet, yang memudahkan semua orang untuk mengoprasikan komputer, bukan hanya orang dewasa dan remaja yang menggunakan komputer ini tapi anak kecil juga sudah bisa mengoprasikan komputer. Tetapi apakah mereka tahu bagaimana cara mengoprasikan komputer dengan benar dan sehat? Itu semua kembali kepada sistem pengajaran pada setiap instansi yang mengajarkan tentang TIK, dan pengawasan dari orang tua.
Maka dari itu makalah ini akan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan komputer, sistem komputer, fungsi komputer, bagaimana cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer, dan bagaimana cara yang benar dalam menghidupkan dan mematikan komputer.



1.2.Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang menjadi dasar penulisan makalah ini adalah :
1.      Apa pengertian komputer ?
2.      Apa fungsi komputer ?
3.      Apa pengertian sistem komputer ?
4.      Apa saja yang termasuk bagian – bagian dari sistem komputer ?
5.      Bagaimana cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer ?
6.      Bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan benar ?


1.3. Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini mempunya tujuan, adapun tujuan yang menjadi dasar  penulisan makalah ini adalah :
1.      Mengetahui definisi komputer
2.      Mengetahui fungsi komputer
3.      Mencari tahu apa saja yang termasuk kedalam sistem komputer
4.      Memberikan pandangan kepada orang lain bagaimana cara menggunakan komputer dengan benar dan sehat
5.      Mengetahui bagaimana cara yang benar dalam menghidupkaan dan mematikan komputer

1.4.Metode Penulisan
Penulisan makalah ini diperoleh dengan menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu metode dengan menggunakan referensi dari buku - buku yang bersangkutan untuk menjadi bahan materi pembuatan makalah. Dan metode obyektif yang diperoleh dari informasi internet.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Pengertian Komputer dan Fungsi Komputer

a.      Pengertian Komputer
Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan kompenen elektronik. Kompenen – kompenen elektronik tersebut dapat saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja komputer yang rapi dan teliti.
b.      Fungsi Komputer
Fungsi komputer yang kita ketahui diantaranya yaitu :
1.         Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.
2.          Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita.


Dengan komputer kita dapat :
·         Berbicara dengan teman atau saudara kita
·         Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
·         Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
·         Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
·         Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll
3.           Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
·         Mendengar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
·         Menonton Video lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
·         Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
·         Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
·         Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet
4.         Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
·         Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
·         Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
·         Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.
5.           Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
·         Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
·         Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
·         Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
·         Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
·         Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
·         dll
6.         Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
·         Membuat Rental Komputer
·         Membuat Warnet
·         Membuat Usaha percetakan
·         Membuat usaha Vidoe Editing
·         Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
·         Membuat Usaha Sablon
·         Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
·         Membuka usaha Disain Arsitektur.
·         Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
·         Membuka Usaha disain Website
·         Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
·         Membuka Usaha Kursus Komputer
·         Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
·         Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
·         dll
7.          Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
·         Mengontrol kamera security
·         Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
·         Mengontrol Escalator
·         Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
·         Pengontrolan peralatan Editing Video
·         Pengontrolan system jaringan Network
·         Dll



2.2. Sistem Komputer

a.      Pengertian Sistem Komputer
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware) yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah – perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Komputer secara fisik, terdiri dari berbagai macam bagian atau komponen elektronik yang bekerja sama secara otomatis. Bagian – bagian inilah yang kita ketahui dengan sebutan perangkat keras ( Hardware), hardware juga dapat diuraikan sebagai peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Hardware secara umum biasanya terdapat pada komputer standar diantaranya monitor, CPU (Central Processing Unit), Keyboard (papan ketik), Mouse (penggerak kursos), Power Supply (catu daya listrik), Stabilizer (pengaman tegangan listrik), dan UPS (uninterruptable Power Supply).
Hardware terbagi menjadi 4 kelompok :
1.      Perangkat masukan (Input devices)
Perangkat masukan adalah perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan pemakai.
Yang termasuk kedalam perangkat masukan (Input devices) diantaranya :



a.      Keyboard (Papan Ketik)


Keyboard digunakan untuk memberi masukan berupa perintah atau data ke dalam sistem komputer dalam bentuk perintah – perintah yang diketikkan.

b.      Mouse

Pertama kali mouse digunakan untuk pekerjaan yang bersifat grafis (gambar) yang apabila menggunakan keyboard akan menemukan kesulitan, dengan menggunakan
Mouse maka masukan berupa perintah – perintah atau data tidak usah diketikkan, namun cukup dengan cara menggeser – geserkan mouse pada alas atau landasan yang sesuai untuk mouse atau disebut (mouse pad). Kemudian, perintah pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan cara menekan tombol – tombol yang tersedia pada mouse tersebut.

c.       Scanner

Scanner digunakan untuk memasukan data, khususnya data yang berupa gambar (images). Scanner bekerja dengan cara mencatat data dari hasil scanning atau pemindaian yang direkam sedemikian rupa, kemudian hasil rekamannya tersebut ditulis
Ulang kedalam memori (ingatan) komputer sehingga menghasilkan keluaran (output) yang relatif sama persis dengan data aslinya.
d.      Joystik
Joystick digunakan saat kita memainkan suatu permainan (game) yang khusus dibuat untuk dimainkan di komputer. Dengan menggunakan alay ini maka kita dapat menggerakan objek permainan dilayar monitor kesegala arah yang kita inginkan, melakukan perintah – perintah dengan menggunakan tongkat kemudi (stick) dan 
Tobol – tombo yang tersedia pada joystik.

2.      Perangkat pengolahan data (Process)
 
Perangkat pengolahan data (process) adalah tempat dimana perintah dan data yang dimasukkan melalui perangkat masukan (input devices) kemudian diolah dan diproses pada unit ini.
Perangkat pengolahan data yang kita tahu dan biasa disebut dengan CPU (Central Processing Unit) atau Processor. Istilah CPU diartikan sebagai kotak yang berisi dengan berbagai macam komponen elektronik sebagai suatu unit pusat pengolahan data.
Perangkat keras (Hardware) yang berfungsi sebagai suatu unit pengolah data atau pemroses data dan terdapat dalam kontak CPU diantaranya :




a.      Motherboard
Motherboard merupakan komponen utama dan otak dari keseluruhan sistem komputer. Fungsi dari motherboard ini adalah melaksanakan perintah dan memproses data yang sudah dimasukkan melalui perangkat masukan (Input Devices) untuk memberikan suatu hasil atau keluaran (Output) sesuai yang dikehendaki pemberi perintah.
b.       Processor

Processor merupakan komponen terpenting yang terpasang melekat pada motherboard. Processor berfungsi untuk mengkoordinasikan seluruh sistem perangkat dan komponen yang ada pada komputer untuk memproses perintah dan data dengan cara saling kerja sama secara otomatis.
Sehingga seserangkain pekerjaan bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan, memproses data, menyimpan, dan mengeluarkan hasilnya dalam bentuk tampilan di layar monitor atau perangkat keras lainnya seperti printer.

c.       Memori
Memori atau lazim disebut juga RAM (Random Access Memory), berfungsi menyimpan masukan berupa data dan perintah yang sifatnya sementara. Data yang disimpan dalam RAM bersifat volatile, yakni akan hilang (terhapus) manakala komputer
Dimatikan dan tidak ada lagi aliran listrik dalam sistem. Cepat atau tidaknya komputer bekerja dalam memproses data tergantung juga dari besarnya kapasitas dan kecepatan RAM ini dalam menyimpan dan mendistribusikan data.

d.      VGA Card
VGA Card berfungsi untuk mengatur tampilan di layar monitor atau terlihat oleh mata kita. Untuk menghsilkan tampilan dilayar monitor dengan hasil yang memuaskan, maka VGA card ini juga harus memiliki kapasitas dan kemampuan yang cukup besar.

e.       Sound Card
Sound Card berfungsi untuk mengubah data hasil masukan menjadi keluaran berupa suara yang dapat didengarkan melalui perangkat pengeras suara (loudspeaker / speaker).


f.       Power Supply.

Power Supply adalah perangkat yang menyediakan kebutuhan sumber tenaga listrik, perangkat ini mengubah daya listrik yang berasal dari jaringan PLN yang berupa arus bolak – balik (Alternating Current – AC) menjadi arus searah (Direct Current – DC).

3.      Perangkat penyimpanan
Setelah data dan perintah dimasukkan kedalam komputer untuk diproses / diolah, maka bentuk keluarannya dapat disimpan dalam media penyimpanan khusus. Data – data tersebut sifatnya nonvolatile atau tidak hilang (terhapus) saat tidak ada aliran listrik ke dalam sistem. Data tersebut disimpan menggunakan perangkat khusus, diantaranya :

a.      Perangkat penyimpanan data secara magnetik
Media penyimpanan data secara magnetik, terbuat dari bahan elektromagnet dan proses penyimpanan dilakukan dengan cara memagnetisasi media tersebut.









(Harddisk)                               Disket (Floppy Disk)

Perangkat penyimpanan data dengan cara magnetik ini diantaranya adalah disket (floppy disk) dan harddisk.
Alat yang digunakan untuk melakukan proses penyimpanan dengan disket disebut dengan diskdrive atau floppy disk. Sedangkan untuk harddisk menyatu dengan medianya.


b.      Perangkat penyimpanan data secara optik
Media penyimpanan data secara optik terbuat dari optik (kaca) yang dapat dilalui senar / cahaya. Proses penyimpanan data dilakukan dengan cara menguraikan cahaya putih dalam spektrum warna dan kemudian disimpan dalam media tersebut.





                                    (CD ROM Driver / DVD ROM Driver)

(CD ROM / DVD ROM)
Perangkat penyimpanan data secara optik adalah CD ROM (compact disc read only memory) dan DVD ROM (digital video disc read only memory), alat yang dipakai untuk menyimpan ke dalam media CD ROM dan DVD ROM disebut dengan CD ROM Driver / DVD ROM Driver).

c.       Perangkat penyimpanan secara elektronik
Media penyimpanan data secara elektronik terbuat dari rangkaian komponen elektronik yang berukuran sangat kecil (micro).







 
                                               
   (Memory card)                     (Card reader)

Perangkat penyimpanan data secara elektronik ini diantaranya adalah memory card atau memory stick yang biasanya dipakai pada perangkat kamera digital atau perangkat game. Sekarang ini dapat juga ditemukan dipasaran jenis penyimpanan data secara elektronik berukuran kecil yang disebut flash disk. Alat yang digunakan untuk melakukan proses penyimpanan data disebut sebagai card reader.

4.      Perangkat keluaran / hasil (Output devices)
Keluaran ini dapat berbentuk tampilan, suara, dan dalam bentuk cetakan pada media kertas, plastik, atau kain. Perangkat keluaran yang dipakai adalah :
a.      Monitor
Semua hal yang berlangsung dan melibatkan semua perangkat hardware, meliputi perintah, data, dan proses yang dikerjakan oleh CPU dapat dipantau dan dilihat melalui layar monitor. Tampilan pada layar monitor bersifat temporer
 Atau sementara karena berkaitan erat dengan kegiatan yang sedang berlangsung dalam CPU.
Monitor dibagi jenisnya berdasarkan resolusi atau ketajaman gambar yang ditentukan oleh banyaknya titik cahaya atau elemen gambar yang dapat ditampilkan dalam ukuran luas tertentu pada layar monitor, diantaranya :
1.      CGA (Color Graphics Adapter)
Resolusi paling rendah yakni 640 x 400 (640 kolom dan 400 baris pada layar), mensmpilkan warna maksimal 24 warna.
2.      EGA (Enhanced Graphics Adapter)
Resolusi 800 x 600, mampu menampilkan gambar dan tulisan lebih baik dengan jumlah warna maksimal 64 warna.
3.      VGA (Video Graphics Array)
Resolusi 800 x 600,mampu menampilkan warna sejumlah 128 warna sampai dengan 254 warna.
4.      SVGA (Super Video Graphics Array)
Resolusinya 1. 024 x 768, jumlah warna yang ditampilkan mencapai 65. 536 warna.

b.      Pengeras suara / speaker
Alat ini merupakan perangkat keluaran untuk mengeluarkan data yang berupa suara, Speaker yang digunakan adalah speaker yang memiliki catu daya sendiri dengan menggunakan adaptor (biasanya dirancang oleh pabrik pembuatnya menyatu dengan speaker itu sendiri), pengeras suara ini biasa disebut active speaker.

c.     Printer
Printer adalah perangkat untuk mengubah perintah dan data setelah diolah oleh processor dan tersimpan di RAM sebagai sebuah data yang siap di – output menjadi sebuah bentuk tampilan tercetak pada suatu media tertentu.
Printer terbagi jenisnya berdasarkan cara kerja, tingkat resolusi / ketajaman, dan kecepatan mencetaknya.
Jenis – jenis printer diantaranya          :
1.      Printer Dot Metrix
Printer jenis ini tidak dapat mencetak berwarna, resolusi yang dihasilkan tergantung jumlah jarum (pin) yang ada pada head.

2.      Printer Ink Jet
Cra kerja Printer ini dengan menyemprotkan tinta cair langsung dari head printer ke media cetak, resolusi yang dihasilkan printer ini mencapai 360 – 480 dpi (dot per inch) “dinilai berdasarkan banyaknya titik yang bisa dibuat dalam satu inci persegi”.
3.      Printer Bubble Jet
Pada bubble jet, tinta ditiup melewati lubang – lubang pada head printer membentuk gelembung – gelembung mikro dengan pola – pola tertentu dan langsung mengenai media cetak.





4.      Printer Laser Jet

Printer yang memiliki resolusi paling tinggi, mencapai 720 – 1024 dpi dengan kecapatan mencapai 5 – 10 ppm (page per minute) “dinilai berdasarkan jumlah halaman yang dapat dicetak per menit”.
Cara kerja printer ini mirip dengan mesin fotokopi, menggunakan tinta kering berupa serbuk yang ditaburkan menurut pola – pola tertentu pada media cetak untuk kemudian dipanaskan melalui elemen pemanas sehingga tercetak secara permanen.

b.      Perangkat Pendukung Sistem Kerja Komputer
1.      UPS (Uninterruptable Power Supply)
Perangkat ini berfungsi sebagai penyedia daya listrik sementara atau cadangan saat daya listrik dari sumber daya utama (PLN) padam.




2.      Stabilizer / Power Stabilizer (Pengamanan Tegangan)
Perangkat ini berfungsi untuk pengaman dari kemungkinan naik – turunnya tegangan ini dan untuk menjaga aliran tegangan listrik yang masuk ke sistem komputer selalu stabil.



c.       Skema prinsip dasar sistem kerja komputer

Input Devices
Keyboard, Mouse, Scanner
Penyimpanan
Harddisk, Disket, CD – ROM, DVD – ROM, Memory Card, Memory Stick
Output Devices
Monitor, Printer, Speaker
Process
CPU
 













2.3. Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer
Banyak orang yang menggunakan komputer tetapi tidak memikirkan kesehatan dan keselamatan ketika menggunakan komputer.
Kesehatan, keselamatan ketika menggunakan komputer terdiri dari beberapa faktos, diantanya :
a.      Faktor ergonomis (Kenyamanan)
Penyebab utama ketidaknyamanan mata adalah silau dan pantulan yang dihasilkan oleh cahaya baik oleh lampu ruangan maupun sinar matahari yang dipantulkan oleh monitor. Ada berbagai cara untuk mengatasinya, diantaranya:
·         Mengatur sumber cahaya pada ruangan
·         Menempatkan lampu pijar yang biasa di letakan di dekat monitor untuk menghilangkan dampak dari lampu neon yang mempunyai tingkat kedip (ficker rate) tinggi.
·         Menggunakan filter screen yang dirancang untuk menimalisir / mereduksi cahaya menyilaukan dan pantulan pada layar monitor. Filter screen juga dapat meningkatkan kontras dan ketajaman gambar.
b.      Posisi Terbaik di Depan Komputer
Adapun posisi terbaik di depan komputer, diantaranya :
·         Jangan jauhkan siku dari badan, ini akan mengurangi keteganagan otot bahu dan pudak.
·         Jaga sudut 90o antara lengan atas dan bawah
·         Pergelangan dan lengan harus selalu lurus, sebaiknya ada penyangga pergelangan di dekat keyboard untuk menjaga kelurusan itu.
·         Kepala tegak lurus, jarak mata dengan monitor sekitar 0,5 meter. Jarak minimal yang masih di tolerir adalah sekitar 30 cm.

2.4. Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar
a.      Urutan cara menghidupkan komputer yang benar adalah sebagai berikut:
1.      Pastikan semua kabel sudah terhubung dengan benar pada perangkat komputer dan sumber tenaga listrik
2.      Hidupkan perangkat power stabilizer (atau kalau ada UPS dilanjutka menghidupkan UPS)
3.      Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada kotak CPU
4.      Hidupkan Monitor
5.      Tunggu sampai pada layar monitor muncul tampilan desktop windows
6.      Komputer siap digunakan

b.      Urutan cara mematikan komputer yang benar adalah sebagai berikut:
1.      Pastikan bahwa semua software / program aplikasi yang selesai digunakan sudah dalam keadaan tertutup
2.      Klick atau tekan tombol sebelah kiri dari mouse pada menu star, arahkan pada menu shutdown kemudian tekan tombol sebelah kiri sekali lagi.
3.      Muncul pilihan shutdown, restart, dan restart in MS DOS Mode, arahkan ke pilihan shutdown dan tekan tombol sebelah kiri pada mouse sekali lalu arahkan ke pilihan yes.
4.       Tunggu sampai proses selesai dan muncul tulisan Now Safe To Turn Off Your Computer.
5.      Pada komputer yang mempunyai fasilitas auto shutdown, setelah muncul tulisan seperti tersebut diatas maka komputer akan mati dengan sendirinya.
6.      Apabila tidak memiliki fasilitas auto shutdown, maka tindakan selanjutnya adalah menekan tombol power pada monitor untuk mematikan monitor, kemudian menekan tombol pada kotak CPU untuk mematikan perangkat CPU.
7.      Selanjutnya matikan perangkat UPS (kalau ada), lalu matikan stabilizer.
8.      Cabut kabel dari sumber tenaga listrik yang berasal dari jaringan PLN.

















BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan kompenen elektronik. Kompenen – kompenen elektronik tersebut dapat saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja komputer yang rapi dan teliti.
Fungsi komputer yang kita ketahui diantaranya yaitu :
1.      Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
2.      Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
3.      Komputer sebagai Alat Hiburan
4.      Komputer Sebagai Alat Pendidikan
5.      Komputer Sebagai Sarana Informasi
6.      Komputer Sebagai Sarana Usaha
7.      Komputer Sebagai Sarana kontrol
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware) yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah – perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).
Hardware terbagi menjadi 4 kelompok :
1.      Perangkat masukan (Input devices)
Yang termasuk kedalam perangkat masukan (Input devices) diantaranya :
a.       Keyboard (Papan Ketik)
b.      Mouse
c.       Scanner
d.      Joystick

2.      Perangkat pengolahan data
Yang termasuk kedalam perangkat pengolahan data diantaranya :
a.       Motherboard
b.      Processor
c.       Memori
d.      Video graphics adapter (VGA) card
e.       Sound card
f.       Power supply
3.      Perangkat penyimpanan data
Yang termasuk kedalam perangkat penyimpanan data diantaranya :
a.       Perangkat penyimpanan data secara magnetik diantaranya : disket, harddisk, disk drive
b.      Perangkat penyimpanan data secara optik diantaranya: CD ROM, DVD ROM, CD ROM Drive, DVD ROM Drive
c.       Perangkat penyimpanan data secara elektronik diantaranya: memory card, memory stick, flash disk, card reader.
4.      Perangkat keluaran (Output devices)
Yang termasuk kedalam perangkat keluaran diantaranya : monitor, speaker / pengeras suara, printer.









DAFTAR PUSTAKA

Mashadi, A. Md dan Rizal Ahmad, S. Si, Teknologi Informasi dan Komuniasi, CV Aneka Ilmu, Semarang: 2004
http://www.anneahira.com/komputer/fungsi-komputer.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah pengembangan kurikulum TABA

Makalah Psikologi Umum "Berfikir"

Cerpen Mahasiswa Akhir