belajar excel siapa takut

MAKALAH

MENGOLAH DOKUMEN PENGOLAH ANGKA UNTUK MENGHASILKAN INFORMASI



Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah TIK

Dosen : Andi Ainunnajib Fikri ST






Disusun oleh :
Kelompok 3:
JAJANG JAUHARUDDIN. A
ACEP A IRAWAN
AJRI FAUJIAH
EUIS RAHMAWATI





PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM CIAMIS
 TAHUN 2011
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, atas rahmat dan karunia - Nya kami sebagai penulis bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik, meski tidak sempurna.
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjunan kita semua yakni Nabi yang paling akhir di utus oleh Alloh SWT untuk menjadi saksi pembawa gembira untuk hamba – hamba – Nya yang soleh dan kabar duka untuk umat yang durhaka, Rosul yang memanggil seluruh umat ke jalan Alloh SWT dan pelita yang menerangi seluruh alam semesta yakni habibana wanabiyyana Muhammad SAW.
Makalah ini kami susun untuk melengkapi salah satu tugas mata kuliah TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI (TIK).
Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada         :
1.      Dosen pembimbing mata kuliah TIK yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaannya kepada kami untuk membuat makalah ini.
2.      Rekan – rekan mahasiswa IAID semester 2 yang telah membantu kami menyusun makalah ini.
3.      Dan Kepada semua pihak yang ikut serta dalam menyelesaikan makalah ini.
Kritik membangun menyangkut isi makalah ini kami harapkan dan semoga Alloh SWT selalu melimpahkan taufiq dan hidayah – Nya untuk kita semua, amin Ya Robbal ‘alamin. Akhir kata mudah – mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kami sebagai penulis dan bagi siapa saja yang membacanya.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
Ciamis, 03 Mei 2011

                 Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..................................................................................................
i


Daftar Isi ...........................................................................................................
ii


BAB I PENDAHULUAN .................................................................................
4


1.1. Latar Belakang ......................................................................................
1
1.2. Rumusan Masalah .................................................................................
1
1.3. Tujuan Penulisan ...................................................................................
2


BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................
3


2.1. Menggunakan Grafik, Tabel dan Gambar ...........................................
3
2.2. Menggunakan Fungsi Logika dan Menggunakan Fungsi Statistik ......
8


BAB II PENUTUP ...........................................................................................
26


3.1. Kesimpulan ..........................................................................................
26


Daftar Pustaka ...................................................................................................
27























BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
1.2. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang menjadi dasar penulisan makalah ini adalah
1.      Menggunakan tabel, grafik dan gambar
2.      Menggunakan fungsi logika
3.      Menggunakn fungsi statistika

1.3. Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini mempunya tujuan, adapun tujuan yang menjadi dasar  penulisan makalah ini adalah :
1.      Agar dapat menggunakan tabel, grafik dan gambar
2.      Bisa mengisi data dengan menggunakan rumus – rumus atau fungsi logika
3.      Bisa mengisi data dengan menggunakan rumus – rumus atau fungsi statistika













BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Menggunakan Grafik, Tabel dan Gambar
A.    Menggunakan Grafik
Microsoft Excel memudahkan untuk membuat grafik garis. Yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan data untuk grafik garis, dan kemudian membiarkan Microsoft Excel membuat grafik baris untuk Anda. Ini adalah apa yang Anda butuhkan:
Dasar pengetahuan tentang Microsoft Excel
Data untuk garis grafik
Microsoft Excel
Microsoft Excel 2007
1.      Label data yang ingin Anda sertakan dalam grafik garis. Pada baris pertama, ketik label untuk setiap bagian dari data Anda berencana untuk garis grafik. Sebagai contoh, ketik & # x201C; Bulan & # x201D; dalam sel A1 dan & # x201C; Unit & # x201D; dalam sel B1.
2.      Masukkan data yang Anda ingin ditampilkan di grafik garis. Microsoft Excel membutuhkan Anda untuk memberikan data yang akan disertakan dalam grafik garis. Di bawah label Anda telah mengatur di bagian atas setiap kolom, jenis informasi yang ingin Anda grafik. Sebagai contoh, ketik bulan tahun di bawah judul di Kolom A (& # x201C; Jan & # x201D; di A2) dan unit-unit di bawah judul di Kolom B untuk sesuai dengan bulan di Kolom A.
3.      Sorot data untuk grafik garis. Klik dan tarik mouse Anda di seluruh data dalam spreadsheet Excel yang ingin Anda sertakan dalam grafik garis.
4.      Klik tab insert. Memasukkan tab kedua adalah tab di bagian atas layar.
5.      Cari bagian grafik insert pita. Pilihan grafik garis adalah yang kedua dalam bagian grafik.
6.      Klik pada tombol garis. Beberapa pilihan untuk grafik garis (baik dua dimensi dan tiga dimensi) layar.
7.      Klik pada pilihan untuk jenis garis grafik Anda ingin Microsoft Excel untuk membuat. Microsoft Excel membuat grafik baris yang menampilkan data yang Anda berikan dalam spreadsheet Microsoft Excel.
8.      Mengubah teks pada grafik garis, jika diperlukan. Jika Anda ingin mengubah judul atau teks lainnya pada grafik garis, klik pada teks yang ingin Anda ubah, dan kemudian ketik perubahan Anda.
Microsoft Excel 2003
1.      Label data yang ingin Anda grafik. Pada baris pertama, ketik label untuk setiap bagian dari data Anda berencana untuk grafik. Sebagai contoh, ketik & # x201C; Bulan & # x201D; dalam sel A1 dan & # x201C; Unit & # x201D; dalam sel B1.
2.      Masukkan data yang ingin Anda grafik. Microsoft Excel membutuhkan Anda untuk memberikan data yang akan disertakan dalam grafik garis. Di bawah label yang telah ditetapkan di setiap baris, jenis informasi yang ingin Anda grafik. Sebagai contoh, ketik bulan tahun di bawah judul di Kolom A (& # x201C; Jan & # x201D; di A2) dan unit-unit di bawah judul di Kolom B untuk sesuai dengan bulan di Kolom A.
3.      Buka jendela chart wizard. Dari menu bar, klik Insert> Chart.
4.      Pilih grafik garis yang ingin Anda buat. Berdasarkan jenis tabel, klik pada baris. Kemudian, klik untuk memilih tipe garis Grafik Anda ingin membuat tabel di bawah sub-jenis. Klik & # x201C; Berikutnya. & # X201D;
5.      Pilih rentang untuk data yang akan dimasukkan dalam grafik garis. Microsoft Excel default untuk menangkap data dalam spreadsheet. Jika Microsoft Excel tidak default untuk menangkap data, kemudian klik dan tarik mouse anda ke atas data yang akan dimasukkan dalam grafik garis. Klik & # x201C; Berikutnya. & # X201D;
6.      grafik garis Tentukan pilihan. Microsoft Excel menyediakan tab untuk menentukan beberapa pilihan grafik garis, seperti untuk menetapkan tempat untuk menaruh legenda, informasi apa yang harus dilacak di mana sumbu dan apa judul grafik garis seharusnya. Buat pilihan Anda dan kemudian klik & # x201C; Berikutnya. & # X201D;
7.      Menetapkan tempat untuk menyimpan grafik garis. default adalah untuk menyimpan grafik garis dalam spreadsheet saat ini. Klik tombol radio untuk pilihan Anda dan kemudian klik Selesai. Grafik garis muncul di mana Anda mengatakan Microsoft Excel untuk membuatnya.
8.      Mengubah teks pada grafik garis, jika diperlukan. Jika Anda ingin mengubah judul atau teks lainnya pada grafik garis, klik pada teks yang ingin Anda ubah, dan kemudian ketik perubahan Anda.

Petunjuk:
Line grafik dalam Microsoft Excel dapat menampilkan banyak baris untuk berbagai sumber data. Menyediakan satu kolom informasi untuk setiap jenis data yang ingin Anda sertakan dalam grafik garis.


B.     Menggunakan Tabel
Cara menggunakan Pivot tabel / Chart di Excel
Ini adalah apa yang Anda butuhkan:
Program Excel
Lebih dari 2 kriteria Data
1.      Untuk membuat, tempat PivotTable kursor Anda di dalam area data, dan kemudian mulai PivotTable wizard dari menu data. Pertama, Anda perlu membiarkan wizard tahu di mana untuk memperoleh data yang Anda inginkan dalam tabel Anda, dan ini juga akan memberikan pilihan apakah Anda ingin grafik atau tabel.
2.      Setelah tabel cepat awal set-up, Anda akan perlu drag and drop informasi ke dalam tabel. (Lakukan ini dengan membuka informarion Anda dalam jendela terpisah, klik dan tahan, kemudian tarik informasi tersebut kepada PivotTable)
3.      Berikutnya, Anda ingin memformat auto meja. Melakukannya dengan mengklik format "" tab di bagian atas dan memilih "auto format". Anda akan memiliki lebih dari 20 format yang dapat dipilih, pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
4.      Data pivoting dasarnya apa semua tentang. Ini memodifikasi informasi agar dapat dianalisis dengan cara yang berbeda, memberikan Anda hasil yang berbeda. Anda "Pivot" informasi dengan menyeret dan menjatuhkan informasi ke lokasi yang berbeda di atas meja.
5.      Ketika memilih pilihan grafik, Anda lagi cukup drag dan drop informasi ke grafik. Ini adalah pilihan yang Anda gunakan bahwa perubahan tampilan grafik.

Petunjuk:
Trial and error merupakan salah satu cara terbaik untuk belajar!
Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, hubungi dukungan untuk Microsoft.

C.    Menggunakan Gambar
Kadang kita perlu memasukkan gambar tertentu ke dalam worksheet untuk melengkapi format dokumen yang diinginkan. Tidak banyak dokumentasi tentang hal ini. Sekedar sebagai catatan pribadi, mudah-mudah bisa membantu sesama , berikut beberapa cara untuk memasukkan gambar ke dalam worksheet menggunakan Interop Office Excel .
Cara pertama:
Melalui Pictures.Insert dari object Worksheet:
xlApp.ActiveSheet.Pictures.Insert("d:\mydocs\logo_int_small.jpg")
xlApp adalah object dari Excel Application.
Cara kedua:
Melalui AddPicture dari object Worksheet.Shapes:
xlApp.ActiveSheet.Shapes.AddPicture("d:\mydocs\logo_int_small.jpg", _ Microsoft.Office.Core.MsoTriState.msoFalse, _ Microsoft.Office.Core.MsoTriState.msoTrue, 0, 0, 162, 54)

2.2. Menggunakan Fungsi Logika dan Menggunakan Fungsi Statistik
1.      Menggunakan Fungsi Logika
 Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan suatu data yang diinginkan bila kondisi atau persyaratannya terpenuhi.
Fungsi Logika seringkali digunakan secara kombinasi dan melibatkan beberapa operator logika, seperti pada tabel di bawah ini :
 http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/operator_aritmatika.jpg
Dari beberapa fungsi logika yang ada, pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tiga buah fungsi yaitu :

Ø  Fungsi IF
Digunakan untuk menentukan keputusan berdasarkan kondisi yang ada atau yang terjadi, sebagai ilustrasi misalnya seorang siswa akan lulus  jika nilai ulangannya 80. 
bentuk umum dari fungsi IF adalah sebagai berikut :
=IF(kondisi;proses1;proses2)

http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/IF.jpgContoh : 




Cara mengisi kolom keterangan : 
·         Letakkan pointer pada sel C3
·         Ketikkan =IF(B3>35;"LULUS";"GAGAL")
·         Tekan ENTER

Ø  Fungsi AND
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai kebenaran dengan beberapa kondisi yang ada, dimana Nilai BENAR jika kondisi 1 dan kondisi 2 terpenuhi, jika tidak maka Nilai akan salah.
Misalnya kita tulis rumus =AND(A1=3;B1=2), maka untuk menghasilkan nilai benar (True), sel A1 harus bernilai 3 sedangkan sel B1 harus bernilai 2, jika tidak maka akan menghasilkan nilai False.
 dari penjelasan di atas, maka bentuk umum dari fungsi AND adalah sebagai berikut :
                                 =AND(kondisi1;kondisi2)
http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/AND.jpg





Contoh : 
pada kolom keterangan masukkan rumus sebagai berikut :
1.  =AND(A2=2;B2=2)
2. =AND(A3=2;B3=3)
3. =AND(A4=3;B4=2)
4.  =AND(A5=2;B5=2)

Ø  Fungsi OR
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai kebenaran dengan beberapa kondisi yang ada, Dimana nilai benar jika salah satu  dari kondisi yang ada terpenuhi dan nilai akan salah jika seluruh kondisinya tidak terpenuhi.

Misalnya kita tulis rumus =OR(A1=3;B1=2) , maka untuk menghasilkan nilai benar (true) cukup jika sel A1 bernilai 3, tetapi jika A1 dan B1 tidak terpenuhi maka nilai akan salah (false). Bentuk umum fungsi OR adalah sebagai berikut :
 =OR(kondisi1;kondisi2)
http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/OR.jpg 





Contoh : 
pada kolom keterangan masukkan rumus sebagai berikut :
1.  =OR(A2=2;B2=2)
2. =OR(A3=2;B3=3)
3. =OR(A4=3;B4=2)
4. =OR(A5=2;B5=2)

v  KOMBINASI FUNGSI
1. Kombinasi IF dengan IF (IF Majemuk)
Misalkan ada sekelompok data pada sebuah swalayan, Kemudian kita menginginkan agar setiap memasukkan kode maka nama barang akan muncul otomatis. Langkahnya adalah sebagai berikut :
1). Ketikkan data  seperti pada tabel.
http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/if%20Majemuk.jpg 



2). Ketikkan rumus berikut pada sel C2, 
IF(B2=1001;"Pilot";IF(B2=1002;"Faster"; IF(B2=1003;"Boxi")))
  kemudian tekan Enter.
 catatan :
a. Jumlah kurung tutup harus sama dengan jumlah IF yang ada.
b. Gunakan tanda petik ganda jika data yang kita tulis merupakan data teks seperti "Pilot".
v  Kombinasi IF dan AND
Maka bentuk umum dari fungsi kombinasi ini adalah :
=IF(AND(kondisi1;kondisi2;kondisi-n);proses1;proses2)
Misalkan ada ketentuan sebagai berikut :
·         Siswa dinyatakan LULUS jika nilai ulangan DAN nilai tugasnya adalah lebih dari 60
·         Selain dari ketentuan di atas akan dinyatakan GAGAL.
Ketikkan pada sel D3 rumus sebagai berikut :
=IF(AND(B3>60;C3>60);"LULUS";"GAGAL")
http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/IF_AND.jpg 






v  Kombinasi IF dengan OR
 Dengan menggunakan permisalan yang terdapat ada pembahasan kombinasi IF dan AND diatas, akan kita bandingkan  hasilnya jika kita menggunakan kombinasi IF dan OR. tapi kita akan rubah ketentuannya menjadi :
·         Siswa dinyatakan lulus jika nilai ulangannya lebih dari 60 ATAU nilai tugasnya adalah lebih dari 60.
·          Selain dari ketentuan di atas maka dinyatakan GAGAL.
http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/IF_OR.jpg  






 Agar lebih faham, yuk kerjakan praktikum dibawah ini :
·         Seperti biasa buka OpenOffice SpreadSheetnya ( Aplikasi - Perkantoran - OpenOffice SpeadSheet)
·         File - Open Kemudian cari file hasil pekerjaan kamu ketika mengerjakan Modul 3.
·         Kerjakan di Sheet selanjutnya. OK !

Digunakan untuk memeriksa kondisi benar atau salah. Penulisan perintahnya adalah sebagai berikut :
=IF(Kondisi,pernyataan jika Benar,pernyataan jika Salah)
Operator-operator perbandingan yang dapat digunakan dalam Excel adalah :
>, <, <>, =, <= dan >=

Contoh :
Di sel A1 berisi data 100, di sel B1 berisi data 200.
Jika di sel C1 terdapat fungsi =IF(A1>B1,"MAHAL","MURAH")
maka di sel C1 tercetak MURAH
Jika ada lebih dari 2 kondisi, maka digunakan fungsi logika majemuk atau bersarang (nested if).
Contoh :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhthnQ_6txWm0y4SgBD09L6-BjAVDzQXRYh6IMQ3eMb-TPd-xFEprR-0xbs7iNVOzHvcOd_47_fxzVix0vWt439FCoX3_ck4jplYMsir2b6Rkp2vqyG4hg0AoK9TFgHEEuc2epqf4YB-y4/s320/Nested+if.JPG
Kolom Grade syarat pengisiannya adalah sebagai berikut :
Jika Nilai 100-90 maka Grade A
Jika Nilai 89-80 maka Grade B
Jika Nilai 79-70 maka Grade C
Jika Nilai 69-60 maka Grade D
Jika Nilai kurang dari 60 maka Grade E
Maka untuk kolom Grade fungsi logikanya adalah :
=IF(A2>=90,"A",IF(A2>=80,"B",IF(A2>=70,"C",IF(A2>=60,"D","E"))))
Catatan :
Banyaknya fungsi =IF() ditentukan oleh banyaknya kondisi-1.
Jadi jika kondisi atau syarat yang diperiksa 3, maka fungsi =IF() adalah 2,
Jika kondisinya 4 berarti fungsi =IF() adalah 3, dan seterusnya.
Operator Logika
Kadangkala kita diperhadapkan pada dua atau lebih kondisi/kriteria yang diperiksa, maka untuk menyelesaikan hal ini digunakanlah operator logika. Macam-macam operator logika yang terdapat dalam Excel adalah :
=AND(kriteria 1,kriteria 2, ...)
Akan bernilai benar jika semua kriteria benar. Misalnya :
AND(TRUE,TRUE) hasilnya adalah TRUE
AND(TRUE,FALSE) hasilnya adalah FALSE
AND(FALSE,TRUE) hasilnya adalah FALSE
AND(FALSE,FALSE) hasilnya adalah FALSE
=OR(kriteria 1,kriteria 2, ...)
Akan bernilai benar jika salah satu kriteria benar. Misalnya :
OR(TRUE,TRUE) hasilnya adalah TRUE
OR(TRUE,FALSE) hasilnya adalah TRUE
OR(FALSE,TRUE) hasilnya adalah TRUE
OR(FALSE,FALSE) hasilnya adalah FALSE
=NOT(kriteria atau kondisi)
Hasilnya adalah kebalikan dari kondisi. Misalnya :
NOT(TRUE) hasilnya adalah FALSE
NOT(FALSE) hasilnya adalah TRUE
Contoh Kasus
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHo-l6oEha4pLvqBrpl0c5d6sB4KLR09N7ffRPlgZe9wpL8FMXpLPewXXifaDlidCsoWUxEk0zM9xR524G6j4BtVSCrOjAOFWWcg2tWygiFPDEoSr5AcIknt7X2FshErwH9Jk9i4e_U9c/s320/Contoh+kasus.JPG
Pada gambar diatas, kolom yang diisikan secara manual adalah kolom No, Nama, Status dan Lama Kerja sedangkan untuk kolom Pokok dan Tunjangan didapatkan dari rumus dengan ketentuan sebagai berikut :
Pokok :
Jika Lama Kerja>15 -> 2.000.000
Jika Lama Kerja>10 -> 1.500.000
Jika Lama Kerja>5 -> 1.000.000
Selain itu 750.000
Tunjangan :
Jika berstatus Nikah (N) maka mendapatkan Tunjangan 15% dari Pokok;
Jika Belum Nikah (B) dan Lama Kerja lebih dari 10 thn maka mendapatkanTunjangan 7,5%
dari Pokok;
Jika berstatus Belum Nikah (B) dan Lama Kerja lebih dari 3 thn maka mendapatkan
Tunjangan 3% dari Pokok;
Selain itu tidak mendapatkan Tunjangan.
Penyelesaian :
Pokok :
Untuk mencari Pokok, karena terdapat 4 buah kriteria/syarat maka kita menggunakan 4
buah fungsi IF di dalamnya. Rumusnya adalah sebagai berikut :
=IF(D2>=15,2000000,IF(D2>=10,1500000,IF(D2>=5,1000000,750000)))
Tunjangan :
Untuk mencari Tunjangan, terdapat 4 buah kriteria sehingga fungsi IF yang digunakan ada 3 buah serta terdapat operator logika "dan" didalamnya maka rumusnya adalah sebagai berikut :
=IF(C2="N",15%*E2,IF(AND(C2="B",D2>10),7,5%*E2,IF(AND(C2="B",D2>3),3%*E2,0)))
Fungsi Pembacaan Tabel
Fungsi berikut ini digunakan untuk membaca tabel data/informasi dengan membandingkan nilai kunci yang terletak di kolom pertama tabel data secara vertikal.
=VLOOKUP(Nilai Kunci, Range Tabel, Offset Kolom)
Sedangkan bila pembandingannya dilakukan secara horizontal (per baris) maka fungsinya adalah sebagai berikut :
=HLOOKUP(Nilai Kunci, Range Tabel, Offset Baris)
Catatan :
Nilai Kunci, adalah data yang berupa angka, kode tertentu atau teks yang digunakan sebagai pembanding data
Range Tabel, Adalah alamat tabel yang berisi data atau informasi lengkap sebagai acuan atau referensi untuk mengisi tabel soal.
Syarat Pembacaan Tabel :
Data pembanding pada tabel data harus terletak di kolom pertama
Range Tabel dan harus urut naik (Ascending)
Data pembanding pada kolom pertama bisa berupa teks, angka atau
data logika, huruf besar atau kecil tidak dibedakan.
Offset Kolom atau Offset baris
Adalah nomor kolom atau nomor baris data yang akan dibaca. Misalnya diketahui lembar kerja dengan tabel berikut ini :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilOqUuXJyCf7UaSacuZN7oSyrP-VSTq2H-PSTX0izCg41fRHxxlAMtapNwlZpVyaYT8sXrOdheAlBF91E_ILqKTNgH2L0t6yxDelA2SU-DFc9TOhR2F7bl1xI0xIRpWUEZ9p9x2Pnfpq8/s320/Lookup.JPG
Untuk mengisi bagian kosong di kolom NAMA BRG, dipergunakan fungsi sebagai berikut :
=VLOOKUP(B2. $E$3:$f$5, 2)
Nilai Kunci ada di kolom B2 karena sama dengan kolom pertama tabel data.
Range Tabel beralamat tetap (absolut) karena itu diberi awalan '$s' dan ditentukan mulai data yang ada dibawah judul kolom sampai dengan akhir label.
Offset kolomnya 2, karena data yang diinginkan adalah NAMA BRG yang terletak dikolom ke-2 dari range tabel data
.
2.      Menggunakan Fungsi Statistik
                              a.            Gambar 1.0Fungsi Average



Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range yang berisi data numeric. jika di dalam range tersebut terdapat data kosong atau ada data berbentuk teks (alpa numeric), maka data tersebut tidak akan ikut dilibatkan dalam perhitungannya.
Bentuk Umum fungsi Average adalah :
=AVERAGE(range)
                              b.            http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/averagea.jpg Fungsi Averagea



Merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata sebuah range, dimana sel yang berisi angka teks maupun sel kosong akan tetap dilibatkan.
Bentuk umumnya adalah sebagai berikut :
=AVERAGEA(range)
                              c.            http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/MAX.jpgFungsi MAX




Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekelompok data angka, baik dalam satu atau beberapa kolom maupun baris, bentuk umumnya adalah sebagai berikut : =MAX(range)
                             d.            http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/MIN.jpgFungsi MIN




Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekelompok data angka, baik dalam satu atau beberapa kolom maupun baris. Penulisan fungsi MIn adalah sebagai berikut : =MIN(range)
                              e.            Fungsi Count
http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/count.jpg



Count digunakan untuk menghitung banyaknya data angka yang terdapat pada sebuah range atau kumpulan data angka baik dalam satu baris maupun dalam satu kolom. bentuk umum dari fungsi ini adalah sebagai berikut : =COUNT(range)   
                               f.            http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/counta.jpgFungsi Counta




Fungsi ini digunakan untuk menghitung banyaknya data angka maupun data BUKAN angka (teks) yang terdapat pada sebuah range atau kumpulan data angka atau teks baik dalam satu baris maupun dalam satu kolom.
Bentuk umum dari fungsi ini adalah sebagai berikut : =COUNTA(range)   


















 PRAKTIKUM

http://smaia3.co.cc/images/stories/modul4/PRAKTIKUM_M4.jpg


 Petunjuk :
1.      Nomor, Nama, Golongan, Jumlah jam lembur dan Upah lembur per jam  diisi langsung.
2.      Rumus gaji pokok diisi dengan fungsi (IF)
      - Golongan A : Rp. 1.000.000
      - Golongan B :Rp. 1.500.000
      - Golongan C : Rp. 2.000.000
3. Upah Lembur  dicari menggunakan rumus absolut upah lembur perjam dikali jumlah jam lembur
4. Total gaji karyawan dihitung menggunakan rumus gaji pokok ditambah dengan upah lembur.
       - Gaji Pokok dan total gaji diformat (Format - Cells - Number - Currency )
5. Jumlah Gaji karyawan adalah total gaji karyawan seluruhnya.





















BAB III
PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Microsoft Excel memudahkan untuk membuat grafik garis. Yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan data untuk grafik garis
 Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan suatu data yang diinginkan bila kondisi atau persyaratannya terpenuhi.
Dari beberapa fungsi logika yang ada, pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tiga buah fungsi yaitu :
·         Fungsi IF
·         Fungsi AND
·         Fungsi OR
Menggunakan Fungsi Statistik
·         Fungsi Average
·         Fungsi Averagea
·         Fungsi MAX

·         Fungsi MIN
·         Fungsi Count
·         Fungsi Counta



DAFTAR PUSTAKA

Mashadi, A. Md dan Rizal Ahmad, S. Si, Teknologi Informasi dan Komuniasi, CV Aneka Ilmu, Semarang: 2004
                                                                                                                                 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah pengembangan kurikulum TABA

Makalah Psikologi Umum "Berfikir"

Cerpen Mahasiswa Akhir